Apa itu Diet Ayurvedic? Temukan Dosha Anda & Cara Membakarnya dengan Benar

Apa itu Diet Ayurvedic? Temukan Dosha Anda & Cara Membakarnya dengan Benar | Dalam pengobatan Timur, khususnya praktik Ayurveda India kuno, diyakini bahwa kondisi kesehatan fisik Anda merupakan cerminan dari kesehatan mental Anda, dan sebaliknya. Menurut The Chopra Center, Ayurveda adalah "ilmu kehidupan," dan dua prinsip utama dari praktik ini adalah bahwa "pikiran dan tubuh terhubung secara tak terpisahkan," dan "tidak ada yang lebih memiliki kekuatan untuk menyembuhkan dan mengubah tubuh daripada pikiran. ”Apa hubungannya dengan makanan, Anda bertanya? Segala sesuatu. Masukkan diet Ayurvedic.
Apa itu Diet Ayurvedic? Temukan Dosha Anda & Cara Membakarnya dengan Benar
Apa itu Diet Ayurvedic? Temukan Dosha Anda & Cara Membakarnya dengan Benar
Per The Chopra Centre, mereka yang menjalani gaya hidup Ayurvedic percaya bahwa makan adalah "fungsi tubuh kita yang paling vital," (di samping bernafas, tentu saja). Ini karena sebagai manusia kita menelan lebih banyak daripada makanan. Manusia terus-menerus mencerna informasi, emosi, dan isyarat sensorik, dan semuanya memiliki efek pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun, jika Anda pertama kali dapat memberi makan sistem pencernaan Anda tidak hanya melalui makanan yang Anda makan, tetapi juga bagaimana Anda memakannya, hasil fisik yang Anda cari (kulit yang lebih jelas, penurunan berat badan , kuku yang kuat, dan rambut yang berkilau, misalnya sedikit), dan kejernihan mental, di atas keseluruhan rasa kesehatan, akan mengikuti.

Jadi apa diet Ayurvedic ajaib ini? Diet Ayurvedic adalah cara makan yang melayani Anda sebagai individu, dan bekerja dengan memperhatikan doshas Anda, atau "humor biologis atau kekuatan energetik dari alam yang mengatur lingkungan internal dan eksternal kita," menurut Erin Sprague, seorang Konselor Kesehatan Ayurvedic , spesialis merek, dan anggota OJAS STUDIO Collective . Dengan kata lain, diet Ayurvedic adalah makan dengan tujuan untuk menyeimbangkan energi internal Anda yang unik untuk memberi manfaat bagi tubuh fisik Anda.

Baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat beradaptasi dengan diet dan gaya hidup Ayurvedic, karena Sprague menawarkan kepada kami rincian eksklusif dari semua hal yang dimakan Ayurvedic, dan tiga doshas utama — apa adanya, apa artinya, dan makanan untuk ditambahkan pada Anda Daftar belanjaan Ayurvedic ASAP.

Apa tiga doshas itu, dan bagaimana mereka didefinisikan?


Kita masing-masing dilahirkan dengan “pengaturan doshic” yang spesifik, satu atau dua dosha yang kita selaras dengan yang lain, Sprague menjelaskan. Tiga doshas, ​​katanya, adalah "prinsip-prinsip fungsional yang membantu kita untuk memahami diri kita sendiri dan dunia di sekitar kita."

Vata


Vata adalah "dosha gerakan dan terbuat dari eter dan udara," Sprague memberi tahu kita, dan mereka yang terutama memiliki sifat vata sering memiliki struktur tulang yang lebih kecil, katanya, dan cenderung memiliki "kepribadian kreatif yang ringan, lapang, kreatif."

Pitta


“Pitta adalah dosha transformasi dan terdiri dari api dan air,” Sprague menjelaskan. Tidak seperti Vatta, yang lebih berhati ringan dan santai, individu dengan banyak pitta di alam mereka lebih kuat dalam dorongan dan fokus mereka, dan "sedang membangun," menurut Sprague.

Kapha


Sprague menggambarkan Kapha sebagai “dosha struktur,” yang terdiri dari kombinasi elemen air dan bumi. Sederhananya: Jika Vatta lapang, Kapha solid, karena individu dengan kapha dosha dominan adalah "kuat, stabil, dan stabil dalam karakter, fisik, dan pola pikir," katanya.

Jenis makanan apa yang terbaik untuk setiap dosha?


Makanan untuk Vata


"Vata terbuat dari [langit] dan udara dan menonjol di musim gugur, yang kering, kasar, keras, dan dingin," kata Sprague. Seseorang dengan energi vata yang dominan harus condong ke makanan yang “hangat, padat, lembut dan berminyak, seperti squash, sup, semur, biji-bijian, dan bumbu penghangat seperti kunyit, cabai, kayu manis, dll,” jelasnya.

Makan: Sayur masak, nasi basmati, beras merah, gandum dan gandum, kacang basah, susu (terutama yang difermentasi), dan minyak seperti wijen, ghee, dan almond
Hindari: Buah-buahan kering, apel mentah, melon, cranberry, sayuran mentah, jamur, selada, biji-bijian kering, dan produk hewani

Makanan untuk Pitta


Karena pitta terbuat dari api dan air dan mengatur musim panas, yang panas, tajam, berminyak, dan ringan, Sprague mengatakan makan “pendingin, segar, makanan mentah seperti mentimun, apel, kelapa, melon, dan rempah-rempah seperti ketumbar atau adas , ”Akan menyeimbangkannya.

Makan: Buah-buahan manis dan astringen seperti apel, cranberry, dan kurma, sayuran, nasi basmati, gandum, gandum, jagung dan granola, potongan kelapa, air kelapa, susu manis, dan minyak secukupnya
Hindari: Buah asam, cabai, bawang putih, bawang, acar, produk olahan susu, dan produk hewani

Makanan untuk Kapha


“Kapha terdiri dari air dan bumi, dan musimnya adalah akhir musim dingin hingga musim semi,” Sprague menjelaskan. "Untuk menyeimbangkan sifat Kapha yang dingin, basah, lengket, dan berat, orang harus makan makanan yang ringan, hangat, dan mengeringkan, seperti sayuran pahit, lobak, bawang, buncis, jahe, kunyit , dan cabai."

Makan: Buah-buahan kering, apel, cranberry, kismis dan prem, sayur-sayuran astringen dan pedas seperti kecambah alfalfa, asparagus dan paprika, gandum, gandum hitam, jagung, dan gandum hitam, biji labu, biji bunga matahari, susu non-susu, dan bunga matahari serta zaitun minyak
Hindari: Buah-buahan manis, okra, ubi jalar, gandum, gandum, susu, dan sebagian besar produk hewani

Apa manfaat dari mengikuti diet Ayurvedic?


Itu fleksibel.


Apakah Anda berkomitmen pada keto , sahabat Anda bermain-main dengan paleo , adikmu yang mencoba-coba vegetarian , atau ibumu mengunyah gaya Mediterania , kita semua berbagi satu tujuan bersama: Untuk menemukan cara makan yang bekerja untuk tubuh kita dan membuat kita merasa baik. Sayangnya, budaya diet membuat mencapai ini lebih sulit dari yang seharusnya dengan menetapkan batasan dan mendorong kekurangan, yang tidak selalu membantu setiap orang berkembang dalam jangka panjang.

Tidak seperti diet umum lainnya yang biasanya membatasi dan datang dengan segala macam parameter, diet Ayurvedic lebih sedikit tentang penghitungan kalori dan mengurangi indulgensi. Sebaliknya, ini tentang mempromosikan konsumsi makanan lezat, sehat, bergizi yang memelihara siapa Anda, dan menawarkan apa yang dibutuhkan tubuh Anda pada saat itu. Terjemahan: Diet Ayurvedic terus berubah karena Anda selalu berubah.

“[Ketika mengikuti diet Ayurvedic] seseorang bekerja untuk mengembangkan rencana diet dan gaya hidup individual yang menyeimbangkan antara dosha atau kombinasi doshas mana yang paling menonjol pada saat itu — baik secara musiman maupun internal,” jelas Sprague. Karena itu, ia menambahkan, bagaimana Anda makan "memiliki kelancaran untuk berubah ketika keadaan dan musim bergeser."

Itu pribadi.


Kecuali jika Anda secara aktif bekerja dengan ahli diet atau ahli gizi terdaftar sambil mengikuti diet populer seperti diet keto atau diet paleo, kemungkinan Anda mengikuti rencana yang dibuat oleh orang asing yang tidak terbiasa dengan tubuh pribadi Anda — apa itu perasaan, apa yang disukai, tidak disukai, tumbuh subur, dll. Diet Ayurvedic, bagaimanapun, adalah rencana pribadi yang melayani dosha unik Anda; Anda berkembang dan melihat hasil yang Anda inginkan dengan melayani Anda.

Ada pepatah yang mengatakan, "Sampah orang lain adalah harta orang lain." Nah, apa yang mungkin berbahaya bagi kebutuhan makanan Anda bisa sangat bermanfaat bagi, katakanlah, sahabat Anda, atau orang yang Anda cintai — atau sebaliknya. .

"[Diet Ayurvedic] berfungsi untuk membawa Anda sebagai orang yang unik ke dalam kondisi keseimbangan fisik, emosi, dan mental yang lebih baik," kata Sprague. "Apa pun dosha yang tidak seimbang saat ini membutuhkan makanan dengan kualitas yang berlawanan untuk membantu membawa Anda ke homeostasis." Karena itu, ketika dosha Anda bergeser, maka pilihan makanan Anda harus kembali ke keadaan seimbang.

Ini mempromosikan pencernaan optimal dan kesehatan secara keseluruhan.


Sague menjelaskan bahwa ada dua komponen untuk mengikuti diet Ayurvedic. Yang pertama adalah makan dengan cara yang menyeimbangkan energi dosha Anda. Yang kedua adalah menerapkan sedikit kebiasaan, seperti tidak minum terlalu banyak minuman dingin dan menjadikan makan siang sebagai makanan terbesar hari Anda, untuk mempromosikan tidak hanya pencernaan yang optimal, tetapi kesehatan yang optimal secara keseluruhan.

“Manfaat makan dengan cara ini tidak ada habisnya — tidur yang lebih baik, pikiran jernih, kulit lebih jernih, penurunan berat badan, berkurangnya peradangan, peningkatan energi, dll.,” Kata Sprague, yang, secara kolektif, menambahkan kondisi kesehatan optimal secara keseluruhan, baik secara mental maupun fisik. "Ketika Anda makan dengan cara yang dirancang secara individual, Anda bekerja untuk memberantas semua perjuangan atau penyakit fisiologis spesifik Anda." Manfaat fisik akan mengikuti, tambahnya.

Ini meningkatkan kejernihan mental Anda.


Ketika sistem pencernaan Anda tidak bekerja secara optimal, bagian tubuh Anda juga tidak, dan itu termasuk pikiran Anda. Segera setelah Anda mulai makan dengan cara menyeimbangkan doshas Anda dan mematuhi prinsip-prinsip dasar Ayurvedic, Sprague mengatakan pencernaan Anda akan meningkat, dan, pada gilirannya, kabut mental atau kelesuan apa pun yang Anda alami akan larut.

Ini mempromosikan koneksi pikiran-tubuh yang lebih kuat.


Diet Ayurvedic mendorong Anda untuk berhati-hati dengan makanan Anda dalam setiap arti kata. Untuk makan sesuai dengan tubuh Anda mengharuskan Anda untuk mendengarkan dan menghormati apa pun yang terjadi secara internal. Ini berarti menjadi nyaman dengan isyarat lapar Anda, belajar bagaimana mengidentifikasi apa yang tubuh Anda inginkan / butuhkan lebih banyak, dan hadir pada saat Anda duduk untuk makan.

"Makanan dimaksudkan untuk dimakan dengan cara lambat dan santai, dengan perhatian penuh diberikan pada makanan," kata Sague, menambahkan bahwa makan dalam diam juga dianjurkan, selain ritual seperti makan dengan cahaya lilin atau bersyukur.

Bagaimana Anda bisa mengidentifikasi dosha Anda?


Jadi sekarang setelah Anda tahu apa itu doshas, ​​pentingnya doshas untuk diet dan kesehatan Anda, dan cara berbelanja untuk setiap dosha, tentu saja, langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa dosamu itu. Menurut Sprague, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan hal ini: Anda dapat bertemu dengan penasihat atau konsultan kesehatan Ayurvedic, atau, jika awalnya Anda lebih suka menempuh rute yang murah dan mudah dicerna, Anda dapat mulai dengan mengambil kuis online dari OJAS Studio , yang merupakan merek makanan dan gaya hidup pada misi untuk membantu orang mengadopsi praktik Ayurvedic melalui camilan mereka, yang masing-masing dirancang untuk membantu menyeimbangkan dosha tertentu dan meningkatkan rasa vitalitas dalam tubuh. Sekarang, saatnya untuk menjalankan dosha Anda!
Postingan Sebelumya
Postingan Selanjutnya

Orang Yang Selalu Menghayal, Memulai Bisnis Online Dari 2015 Dan Belum Kaya :V

Artikel Menarik Lainya